Rabu, 09 Mei 2018
On 03.32 by Unknown No comments
LATIHAN 1
Listing program getIP.java
Analisisnya :
Listing program di atas berfungsi
untuk mencetak IP address dari PC yang sedang digunakan. Pada blok program
listing getIP.java terdapat library java.net.* dengan nama class yaitu getIP. Setelah
itu dibuat sebuah object bernama host dari class InetAddress. Dari object
tersebut akan digunakan fungsi getLocalHost untuk mendapatkan alamat localhost. Selanjutnya dideklarasikan array ip dengan
tipe data byte untuk menyimpan ip address yang didapatkan dengan menggunakan
fungsi getAddress. Lalu dibuat perulangan dengan kondisi untuk mencetak alamat
ip yang didapat dari masing-masing PC.
Outputnya :
LATIHAN 2
Listing program getName.java
Analisisnya :
Pada listing
program tersebut menggunakan library java.net.* dan
memiliki class yang bernama getName. Setelah itu dibuat sebuah object bernama
host dari class InetAddress kemudian mengambil nama host dari komputer yang
sedang dipakai dan mencetak nama dari perangkat tersebut.
Outputnya :
LATIHAN 3
Listing program IPtoName.java
Analisisnya :
Pada
listing program tersebut menggunakan library java.net.* kemudian diberikan
kondisi dimana panjang argumen adalah 0 maka akan dicetak pemakaian program ini
lalu keluar dari program. Dibuat variable bertipe string dengan nama host yang
digunakan untuk menyimpan array argumen pada indeks 0, dan juga dibuat variable
untuk InetAddress bernama address dengan nilai 0. Pada program ini juga
terdapat try dan catch. Jika terdapat kesalahan maka program akan mencetak
Invalid IP - malformed IP dan program akan keluar/dimatikan. Namun jika tidak
ditemukan kesalahan maka program akan mencetak nama komputer user.
Outputnya :
LATIHAN 4
Listing program NsLookup.java
Analisisnya :
Pada listing program tersebut menggunakan
library java.net.* kemudian diberikan kondisi dimana panjang argumen adalah 0
maka akan dicetak pemakaian program ini lalu keluar dari program. Setelah itu
program akan keluar dari percabangan tersebut dan mendeklarasikan kembali nilai
variabel host yaitu array args 0 dan untuk object address yang meng-instance
class InetAddress bernilai null. Selanjutnya terdapat try dan catch, yang
berfungsi untuk menangani kesalahan/error. Apabila terdapat kesalahan maka
program akan mencetak "Unknown host" dan program akan keluar. Namun
jika tidak ada kesalahan maka program akan mencetak IP address PC tersebut
dengan menggunakan perulangan, seperti pada program getIP.java.
Outputnya :
LATIHAN 5
Listing ProgramsimpleServer.java
simpleClient.java
Analisisnya :
Pada listing program diatas
merupakan dua program yang mana saling berkaitan dimana simpleServer.java
sebagai server dan simpleClient.java sebagai clientnya. Pada kedua program ini
menggunakan library java.io dan java.net. Program yang pertama harus dijalankan
yaitu program server, ketika dijalankan maka program server akan terhubung ke
socket 5000 yang disimpan pada variabel TESTPORT kemudian mencetak
"Aplikasi server hidup". Setelah itu terdapat percabangan untuk
menerima input dari client. Lalu dibuat objek baru untuk masukkan data yang
disimpan dalam variabel is dan os.diberikan try catch lagi dimana di dalam try
akan dibaca pesan yang masuk dengan sintaks is.readLine() yang kemudian
disimpan di dalam variabel line, kemudian pesan yang diterima akan dicetak. Diberikan
kondisi juga dimana pesan yang diterima dibandingkan dengan kata “salam” , jika
sama maka variabel os akan menulis “salam juga”, jika tidak sama dengan kata
“salam” maka akan dicetak bahwa program tidak mengerti. Diberikan try catch
terakhir yang digunakan untuk menutup masukkan data, keluaran data, dan koneksi
server.
Sedangkan untuk listing program client
juga akan melakukan koneksi ke socket 5000 yang disimpan pada variabel
REMOTE_PORT sehingga dapat terhubung dengan server. Pada program ini akan
mencetak "Masukkan kata kunci: " yang kemudian user diminta untuk
melakukan input. Diberikan try catch lagi dimana di dalam try akan dicetak
perintah untuk memasukkan kata kunci yang kemudian akan disimpan dalam variabel
userInput dengan sintaks stdin.readLine(). Kemudian variabel os akan mencetak
masukkan tersebut. Diberikan try catch lagi dimana di dalam try , variabel
output akan menyimpan masukkan dari variabel is dengan sintaks is.readLine()
yang kemudian akan dicetak tanggapan dari server. Diberikan try catch terakhir
yang digunakan untuk menutup masukkan data, keluaran data, dan koneksi ke
server.
Outputnya :
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Search
Popular Posts
-
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai konfigurasi proxy server di Ubuntu 12.04. Proxy server adalah sebuah komputer server ...
-
Assalamu'alaikum teman-teman semua.. Bagaimana kabar kalian semua? Semoga dalam keadaan sehat wal afiat yaa. Sudah lama saya tid...
-
Yuk.. Mengenal Keanekaragaman Budaya Indonesia Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia ...
-
World Wide Web (WWW) yang sering juga kita sebut dengan website, merupakan fasilitas di Internet yang paling banyak dipakai, hampir 80...
-
Kali ini saya akan mencoba membahas mengenai sistem konfigurasi home theater menurut para expert. Yang dimaksud di sini adalah cara ...
-
Game-game untuk Android saat ini bertebaran hingga sulit menghitung jumlahnya. Tidak hanya di Play Store, developer-developer Android b...
-
3D MAX A. Pengertian 3D Studio Max atau biasa dikenal dengan 3D Max adalah suatu software (perangkat lunak) untuk membuat ...
-
Sejak Unity 3D merilis versi 4.3, banyak sekali penambahan fitur pada rilisnya, salah satunya fitur 2D. Jika sebelumnya kebanyakan gam...
-
Pada kesempatan kali ini saya akan membuat tutorial mengenai web server local yang dapat terhubung ke jaringan Internet. Sebelum menuju k...
-
Review Game "SONIC GENERATIONS" Dari judulnya saja siapa yang tidak kenal dengan game ini. Sonic memang sudah menjadi game...
Recent Posts
Sample Text
Diberdayakan oleh Blogger.
0 komentar:
Posting Komentar