Hendri Prasetyo

Rabu, 09 Mei 2018

On 03.32 by Unknown   No comments

LATIHAN 1
Listing program getIP.java



Analisisnya :
Listing program di atas berfungsi untuk mencetak IP address dari PC yang sedang digunakan. Pada blok program listing getIP.java terdapat library java.net.* dengan nama class yaitu getIP. Setelah itu dibuat sebuah object bernama host dari class InetAddress. Dari object tersebut akan digunakan fungsi getLocalHost untuk mendapatkan alamat localhost.  Selanjutnya dideklarasikan array ip dengan tipe data byte untuk menyimpan ip address yang didapatkan dengan menggunakan fungsi getAddress. Lalu dibuat perulangan dengan kondisi untuk mencetak alamat ip yang didapat dari masing-masing PC.

Outputnya :



LATIHAN 2
Listing program getName.java



Analisisnya :
Pada listing program tersebut menggunakan library java.net.* dan memiliki class yang bernama getName. Setelah itu dibuat sebuah object bernama host dari class InetAddress kemudian mengambil nama host dari komputer yang sedang dipakai dan mencetak nama dari perangkat tersebut.
Outputnya :



LATIHAN 3
Listing program IPtoName.java



Analisisnya :
Pada listing program tersebut menggunakan library java.net.* kemudian diberikan kondisi dimana panjang argumen adalah 0 maka akan dicetak pemakaian program ini lalu keluar dari program. Dibuat variable bertipe string dengan nama host yang digunakan untuk menyimpan array argumen pada indeks 0, dan juga dibuat variable untuk InetAddress bernama address dengan nilai 0. Pada program ini juga terdapat try dan catch. Jika terdapat kesalahan maka program akan mencetak Invalid IP - malformed IP dan program akan keluar/dimatikan. Namun jika tidak ditemukan kesalahan maka program akan mencetak nama komputer user.
Outputnya :



LATIHAN 4
Listing program NsLookup.java



Analisisnya :
Pada listing program tersebut menggunakan library java.net.* kemudian diberikan kondisi dimana panjang argumen adalah 0 maka akan dicetak pemakaian program ini lalu keluar dari program. Setelah itu program akan keluar dari percabangan tersebut dan mendeklarasikan kembali nilai variabel host yaitu array args 0 dan untuk object address yang meng-instance class InetAddress bernilai null. Selanjutnya terdapat try dan catch, yang berfungsi untuk menangani kesalahan/error. Apabila terdapat kesalahan maka program akan mencetak "Unknown host" dan program akan keluar. Namun jika tidak ada kesalahan maka program akan mencetak IP address PC tersebut dengan menggunakan perulangan, seperti pada program getIP.java.
Outputnya :



LATIHAN 5
Listing Program

simpleServer.java


simpleClient.java




Analisisnya :
Pada listing program diatas merupakan dua program yang mana saling berkaitan dimana simpleServer.java sebagai server dan simpleClient.java sebagai clientnya. Pada kedua program ini menggunakan library java.io dan java.net. Program yang pertama harus dijalankan yaitu program server, ketika dijalankan maka program server akan terhubung ke socket 5000 yang disimpan pada variabel TESTPORT kemudian mencetak "Aplikasi server hidup". Setelah itu terdapat percabangan untuk menerima input dari client. Lalu dibuat objek baru untuk masukkan data yang disimpan dalam variabel is dan os.diberikan try catch lagi dimana di dalam try akan dibaca pesan yang masuk dengan sintaks is.readLine() yang kemudian disimpan di dalam variabel line, kemudian pesan yang diterima akan dicetak. Diberikan kondisi juga dimana pesan yang diterima dibandingkan dengan kata “salam” , jika sama maka variabel os akan menulis “salam juga”, jika tidak sama dengan kata “salam” maka akan dicetak bahwa program tidak mengerti. Diberikan try catch terakhir yang digunakan untuk menutup masukkan data, keluaran data, dan koneksi server.

Sedangkan untuk listing program client juga akan melakukan koneksi ke socket 5000 yang disimpan pada variabel REMOTE_PORT sehingga dapat terhubung dengan server. Pada program ini akan mencetak "Masukkan kata kunci: " yang kemudian user diminta untuk melakukan input. Diberikan try catch lagi dimana di dalam try akan dicetak perintah untuk memasukkan kata kunci yang kemudian akan disimpan dalam variabel userInput dengan sintaks stdin.readLine(). Kemudian variabel os akan mencetak masukkan tersebut. Diberikan try catch lagi dimana di dalam try , variabel output akan menyimpan masukkan dari variabel is dengan sintaks is.readLine() yang kemudian akan dicetak tanggapan dari server. Diberikan try catch terakhir yang digunakan untuk menutup masukkan data, keluaran data, dan koneksi ke server.

Outputnya :




0 komentar:

Posting Komentar