Hendri Prasetyo

Jumat, 13 April 2018

On 18.45 by Unknown   No comments

A.    Masalah yang diteliti

Pembuatan akses informasi akademik tentu membutuhkan media penyimpanan, contoh penyimpanan yang dalam pengaksesannya memerlukan jaringan internet yaitu cloud, atau biasa disebut cloud computing. Informasi akademi yang dibangun memanfaatkan google drive ini, membutuhkan arsitektur teknologi informasi berbasis cloud computing yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan perguruan tinggi di Indonesia. Salah satu pemanfaatan dari cloud computing yaitu dengan memanfaatkan google drive sebagai layanan penyimpanan data. Dengan cara seperti ini diharapkan teknologi yang diterapkan akan menguntungkan dan pelayanan terhadap civitas akademika menjadi lebih baik.



B.     Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian tersebut yaitu memanfaatkan google drive yang dapat digunakan sebagai salah satu sistem cloud computing untuk dapat menghemat biaya dan dapat diakses secara mudah oleh orangtua maupun mahasiswa tersebut.



C.     Metode Penelitian

1.      Analisis Sistem



Gambar diatas menunjukkan konsep dari aplikasi sistem informasi akademik berbasis cloud yang dibangun. Aplikasi yang digunakan user berbasis android untuk pemanggilan data yang diperlukan, data yang dimaksudkan di sini adalah file pdf, dari webserver aplikasi stta-akademik.tk mengakses data ke webserver STTA, sistem dari webserver akademik.tk berfungsi mengunggah file pdf yang di dapat dari webserver STTA lalu file pdf tersebut disimpan secara temporary dan diteruskan ke google drive dan file pdf tersebut dapat dilihat user pada smartphone android yang digunakan.



2.      Usecase Diagram



Use case mendeskripsikan interaksi tipikal antara para pengguna sistem dengan sistem itu sendiri, dengan memberi sebuah narasi tentang bagaimana sistem tersebut digunakan. Gambar diatas merupakan use case diagram dari user. Dari gambar tersebut dapat dijelaskan bahwa aktivitas yang dilakukan user terhadap sistem adalah login. Lalu user dapat melihat data biaya, transkip, KRS, dan KHS. Di aplikasi ini juga terdapat menu reset digunakan apabila user salah memasukkan NIM pada saat login.



3.      Sequence Diagram



Pada gambar diatas menjelaskan alur sequence diagram login, user menjalankan aplikasi kemudian muncul form login, lalu user memasukan NIM. Sistem akan mengecek apakah NIM yang dimasukkan terdaftar atau tidak. Tapi sistem tetap akan menyimpan NIM yang diinputkan (asumsi panjang NIM lebih dari 5 karakter), setelah itu user dapat masuk ke menu utama.





Gambar diatas menjelaskan alur sequence diagram lihat data biaya, user memilih form biaya kemudian user memilih semester dan tahun ajaran. Setelah itu sistem mengakses data dari webserver STTA untuk mengambil data biaya dan menyimpannya secara otomatis di google drive lalu ditampilkan pada smartphone android user.




Gambar diatas menjelaskan alur sequence diagram lihat data transkip, user memlih form transkip, pada form ini user tidak perlu memilih tahun ajaran dan semester. Setelah itu sistem mengakses data ke webserver STTA untuk mengambil data transkip dan menyimpannya secara otomatis di google drive lalu ditampilkan pada smartphone android user.





Pada gambar diatas menjelaskan alur sequence diagram lihat data KRS, user memilih form KRS kemudian user memilih semester dan tahun ajaran. Setelah itu sistem mengakses data ke webserver STTA untuk mengambil data KRS dan menyimpannya secara otomatis di google drive lalu ditampilkan pada smartphone android user.




Gambar diatas menjelaskan alur sequence diagram lihat data KHS, user memilih form KHS kemudian user memilih semester dan tahun ajaran. Setelah itu sistem mengakses data ke webserver STTA untuk mengambil data KHS dan menyimpannya secara otomatis di google drive lalu ditampilkan pada smartphone android user.



D.    Hasil Penelitian

Aplikasi ini terdiri dari webserver aplikasi yang dinamakan stta-akademik.tk di mana webserver ini memiliki fungsi untuk mengakses data ke webserver STTA dan meng-upload data akademik lalu disimpan pada cloud storage yaitu google drive, serta aplikasi pendukung berbasis android untuk user untuk melihat data akademik dalam bentuk pdf.

Pada aplikasi ini hanya membahas pemanfaatan google drive sebagi media penyimpanan yang berbasis cloud computing. Pada penyimpannya google drive berfungsi menyimpan data akademik berupa biaya, transkip, KRS dan KRS dalam bentuk pdf, sistem ini berjalan apabila user setelah login ingin melihat data akademik yang diinginkan, maka sistem dari webserver aplikasi akan mengakses data ke webserver STTA dan meng-upload secara otomatis ke google drive, jadi apabila sebelumnya data tersebut belum pernah diakses maka data tersebut belum ada pada google drive.



E.     Kelebihan/Kekurangan Penelitian

1.      Kelebihan

-          Menghemat biaya dalam memanajemen keuangan

-          Membuat operasional dan manajemen lebih mudah karena sistem tersambung dalam satu cloud dapat dimonitor dan diatur dengan mudah.

-          Menjadikan kolaborasi yang terpercaya dan lebih ramping.

-          Menghemat biaya operasional pada saat realibilitas ingin ditingkatkan dan kritikal sistem informasi yang dibangun.



2.      Kekurangan

-          Hal penting dalam cloud computing adalah koneksi internet, diperlukan bandwith yang memadai dan stabil agar cloud computing berjalan dengan baik.

-          Jika server penyedia layana rusak atau punya layanan backup yang buruk, maka tidak adanya backup data.



F.      Kesimpulan

Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisa penelitian yang saya dapatkan adalah

-          Google drive dapat digunakan sebagai media penyimpanan dalam Sistem Informasi Akademik berbasis cloud.

-          Mempermudah orang tua/wali dalam mendapatkan informasi akademik dari Smartphone dengan sistem operasi android dandapat dimanfaatkan oleh orang tua/wali untuk memantau perkembangan kualitas akademik dari anaknya yang mengikuti perkuliahan

-          Data yang ada pada google drive sesuai dengan NIM yang pernah diinputkan dan diakses pada smartphone android.

Link jurnal : disini

0 komentar:

Posting Komentar