Jumat, 17 Maret 2017
On 23.03 by Unknown No comments
Teknologi Game
Game atau permainan adalah
sesuatu yang dapat dimainkan dengan aturan tertentu sehingga ada yang menang
dan ada yang kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengan tujuan
refreshing. Game yang populer dengan nama video game ini hanya bisa dimainkan
oleh satu atau dua orang pemain pada sebuah console. Perkembangan teknologi
video game telah sangat maju, di mana dahulu video game hanya dimainkan oleh
beberapa kalangan saja, sekarang seluruh kalangan menyukai bermain video game.
Kini juga sudah diciptakan video game dengan kualitas grafis yang sangat
mumpuni, controller yang dulunya menggunakan kabel kini telah berkembang
menjadi nirkabel, bahkan video game masa kini juga menyertakan Broadband yang
berguna untuk mengakses internet yang membuat para penggila game semakin
dimanjakan karenanya.
Video game atau Console game ini
adalah sebuah bentuk dari multimedia interaktif yang digunakan untuk sarana
hiburan. Game ini dimainkan dengan menggunakan sebuah alat yang bisa digenggam
oleh tangan dan tersambung ke sebuah kotak alat atau console. Video game
dengan console kini juga sudah berkembang pesat. Saat ini, pemain yang cukup
dominan adalah X-Box dari Microsoft dan PlayStation keluaran Sony. PlayStation
(PS) telah sukses dengan PSP-nya yang portable dan PS2 yang fenomenal karena
harganya yang cukup murah. Selain dari console, game juga bisa dijalankan dari
personal computer (PC) atau sering juga disebut juga PC game. Game di PC tidak
kalah menariknya dibanding dengan di console.
Di dalam video game atau console
game kita menemukan adanya lingkungan bermain game yang lebih sederhana
dibanding pemain di PC game, bukan hanya terutama karena keterbatasan fitur
dari joystick, tetapi karena disebabkan keterbatasan teknologi di dalam
perangkat keras (hardware) pada console serta output resolusi visual yang
secara potensial lebih rendah.
Bisnis dalam Game Komputer
Tidak dipungkiri lagi bahwa game
sangat berperan untuk sebagian besar pengguna teknologi, terutama pengguna
komputer. Bisnis dalam game komputer berkembang pesat seiring dengan
berkembangnya teknologi canggih saat ini. Dahulu kita hanya dapat menikmati
game yang tersedia di dalam komputer itu sendiri, seperti pinball dan
solitaire. Namun sekarang sudah tersedia game online, dan juga games yang dapat
didownload baik free maupun berbayar. Games berbayar juga merupakan bisnis
karena sama saja dengan kita mengeluarkan uang untuk membeli sebuah barang.
Games berbayar ini biasanya memberikan kepuasan tersendiri bagi pembelinya,
karena terdapat fitur yang bagus di dalamnya.
Perkembangan lainnya ialah warung
internet atau yang sering kita dengar dengan istilah warnet. Warnet saat ini
identik dengan game online yang mereka sediakan, adapun game berbayar yang
disediakan warnet sehingga kita hanya tinggal memainkannya. Baik anak kecil
hingga orang dewasa mempunyai hobi bermain game online ini. Contoh untuk bisnis
dalam game komputer itu beragam. Seperti kita dituntut melakukan pembayaran
untuk game tersebut. Maksud dari pembayaran ini adalah bagaimana perusahaan
game online mendapatkan uang dari gamesnya.
Bedasarkan kategori ini games
online dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :
A. Pay
per Item
Game yang berada
pada kategori ini merupakan game yang bisa diinstall atau dimainkan secara
gratis, dan game ini biasanya mengenakan biaya pada pemainnya apabila pemainnya
ingin cepat menaikkan level atau membeli barang (item) langka yang tidak pernah
dijumpai pada permainan. Jenis game seperti ini yang paling dijumpai di
Indonesia. Contoh: Gunbound, Ragnarok, Ghost Online, dll.
B. Pay
per Play
Game ini harus
dibeli dan diinstal secara legal karena pada saat diinstal game terebut akan
mendaftarkan pemain ke internet langsung dan apabila yang diinstal adalah
program bajakan maka secara otomatis system akan memblokirnya. Contoh: War of
Warcraft,dll.
Mungkin kita juga tidak asing mendengar permainan Let's Get
Rich. LGR merupakan permainan monopoly yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa.
Ini merupakan game yang kita jumpai di gadget, baik android maupun iOs. Dalam
game ini kita sangat membutuhkan diamond yang berfungsi untuk membeli item
bagus yang dapat meningkatkan peluang kita untuk menjadi pemenang. Diamond ini
pun dapat dijadikan bisnis karena mengharuskan kita mengeluarkan uang untuk
mendapatkannya. Bahkan ada yang menawarkan akun LGR tersebut untuk dijual.
3D Engine
dan Scene Graph
3D engine adalah sistem perangkat lunak yang dibuat dan
dirancang untuk menciptakan dan mengembangkan gambar 3D, fungsionalitas inti
biasanya disediakan oleh mesin permainan mencakup mesin render (renderer) untuk
2D/3D grafis. Berbeda dengan dukungan grafik 2D yang sudah built in, dukungan
Java terhadap grafik 3D diletakkan ke dalam API terpisah, yakni Java3D. Java3D
merupakan API 3D berbasis scene graph di platform Java, dimana scene graph
merupakan sebuah pohon yang berisi hierarki data scene.
A.) Ogre
3D
Objected-Oriented
Graphics Rendering Engine atau bisa disingkat dengan OGRE merupakan engine yang
object oriented & flexible 3D rendering pada game engine yang ditulis
dengan menggunakan bahasa C++ serta didesain agar mampu men-developer dengan
mudah kepada aplikasi produksi dengan menggunakan utility hardware-accelerated
3D graphic. Gambaran abstraknya OGRE menggunakan sistem library seperti
Direct3D & OpenGL, serta menyediakan sebuah dasar interface di dunia objek
dan class objek yang lebih tinggi. OGRE hanya digunakan untuk me-render. Dengan
kata lain, fitur OGRE hanya khusus menangani vector & matOix classes,
memory handling, dan lain lain. Ini bukan lah salah satu dari semua solusi
dalam istilah game development/simulasi. OGRE tidak menyediakan audio/physics
support.
Fitur-fitur pada
OGRE :
1. Desain
yang object-oriented dengan menggunakan plugin untuk mempermudah memasukkan
fitur lainnya
2. Engine
berbasis scene graph dengan bantuan untuk sebuah varietas yang luas, octree,
BSP, & paging landscape scene manager
3. Multi-platform
dengan dukungan OpenGL & Direct 3D. Bisa me-render konten yang sama di beda
platform tanpa harus mempunyai content creator. dapat diakses pada platform
Linux, Mac OS, dan semua versi Windows
4. OGRE
mendukung program vertex dan fragment selama ditulis dengan GLSH, HLSL, Cg, dan
assembler
5. The
landscape scene manager untuk progressive LOD, yang mana bisa dibuat secara
otomatis dan manual
6.
Engine animasi yang men-support penuh untuk
multiple hardware
B.) Processing
Processing
adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman yang bersifat open source
yang digunakan untuk memprogram gambar, animasi, dan interaksi. Processing
digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman komputer dalam konteks rupa
dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak dan alat produksi
profesional. Processing mengintegrasikan suatu bahasa pemrograman, lingkungan pemrograman,
dan metodologi pengajaran ke dalam sistem terpadu.
Processing
merupakan suatu projek yang dinisiasi oleh Ben fry dan casey reas. Berkembang
dari ide-ide yang dieksplorasi di Aesthetics and Computation Group (ACG) di Mit
Media Lab. Projek ini kini terus diperbaiki dan dikelola oleh sejumlah Tim
Voluntir.
C.) Game
Maker
Game maker
merupakan aplikasi game editor yang bersifat free atau gratis. Software ini
bisa digabungkan dengan bahasa pemograman lain seperti C++, berguna bagi yang
ingin membuat game bertipe Arcade(2D), juga sudah disediakan sampel game yang
dibuat dengan software ini, diantara software itu pasti ada satu yang dikenal
yaitu game “1945″.
Game maker
memungkinkan untuk membuat permainan dengan menggunakan drag-and-drop
sederhana,sehingga tidak perlu memiliki pengalaman coding sebelumnya. Ini
mencakup pilihan bahasa pemrograman untuk menambahkan fitur-fitur canggih pada
permainan tanpa perlu menulis satu baris kode.
D.) Unity
3D
Unity 3D adalah
sebuah game developing software. Dengan software ini, kita bisa membuat game 3D
yang seru. Game developer ini sangat mudah digunakan, dengan GUI yang
memudahkan kita untuk membuat derta mengedit script untuk menciptakan sebuah
game 3D. Selain bisa untuk build game PC, Unity juga dapat digunakan untuk membangun
game console seperti Nintendo Wii, PS3, Xbox 360, juga Ipad, Iphone, dan
Android. Namun masing-masing membutuhkan biaya lisensinya sendiri. Unity kurang
lebih sama dengan Blender game engine, namun unity lebih ringan dan diintegrasi
lebih dalam suasana grafik.
Kelebihan Unity
terdapat pada multiple platform, artinya banyak platform yang disupport oleh
unity, seperti Windows, Mac, iPhone, iPad, Android, Nintendo Wii, dan juga
browser. Untuk browser, kita memerlukan sebuah plug-in, yaitu Unity Web player,
sama halnya dengan Flash Player pada browser. Pada unity, kita tidak bisa
melakukan desain/modelling dikarenakan unity bukan tool untuk mendesain. Jadi
jika kita ingin mendesain, dibutuhkan 3D editor lain seperti 3Dsmax atau
Blender, kemudian kita export menjadi format .fbx.
Desain Skenario, Script dan Storyboard Game Komputer
A.)
Desain Skenario
Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan,
arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata
"desain" bisa digunakan, baik sebagai kata benda maupun kata kerja.
Sebagai kata kerja, "desain" memiliki arti "proses untuk membuat
dan menciptakan obyek baru". Sebagai kata benda, "desain"
digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu
berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk benda nyata.
Skenario adalah urutan cerita yang disusun oleh
seseorang agar suatu peristiwa terjadi sesuai dengan yang diinginkan. Kalau
dasar untuk pembuatan film adalah skenario, maka dasar untuk membuat game
adalah design document atau lebih mudahnya disebut skenario game. Skenario
game adalah langkah awal dalam membuat sebuah game, dengan skenario game dapat
mempermudah kita menyelesaikan game yang akan kita buat. Skenario game adalah
sebuah cerita khusus yang melatarbelakangi kejadian – kejadian dalam game. Kalau
skenario menentukan interior dan eksterior, dekor, pemain, dan studio, serta
pembuatan trik, dalam desain dokumen ada ketentuan program game, grafik, tokoh,
animasi, suara, dan musik. Sampai di sini keduanya masih paralel. Berbeda
dengan skenario yang merupakan sekuens linier dari adegan, turn around point,
dialog, dan seterusnya; design documents adalah gabungan dokumen yang
mendiskripsikan secara kompleks semua segi game yang direncanakan.
Konsep seharusnya berguna untuk memberikan gambaran
garis besar tentang cerita, prinsip-prinsip mekanisme game, dan titik berat
untuk gameplay. Karena itu konsep mencakup prinsip-prinsip dasar, gaya game,
kerangka peraturan, sinopsis cerita (kalau ada cerita), karakteristik game,
contoh misi, atau situasi-situasi dalam game dan bisa juga diferensiasi
perangkat pengguna atau ada efek-efek khusus serta akhirnya unsur-unsur
spesifik yang menjadi andalan pencipta.
B.)
Script
Skrip (script) adalah semacam bahasa pemrograman dalam
tingkat kesulitan yang lebih rendah, tanpa aplikasi hasil kompilasi
interpreter; skrip biasanya disisipkan ke dalam bahasa pemrograman yang lebih
kompleks dan hasil skrip digunakan oleh bahasa pemrograman yang lebih kompleks
itu.
Contohnya ialah penyisipan skrip assembly ke dalam
program Pascal untuk mengakses hardware pada level bahasa tingkat rendah. Skrip
merupakan kumpulan sintaks bahasa pemrograman yang siap untuk
di-compile. Untuk mengetahui tentang script, disini ada sedikit rangkuman
tentang script :
·
Script adalah bahasa yang digunakan untuk
menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang pada saat di akses.
·
Jenis script sangat menentukan statis, dinamis,
atau interaktifnya sebuah situs
· Semakin banyak script yang digunakan maka akan
terlihat semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat lebih bagus.
·
Bahasa dasar yang di pakai setiap situs
adalah HTM
·
Macam-macam scriptÃ
PHP, ASP, JSP, Java Script, Java Applets, VBScript.
C.)
Storyboard
Adalah visualisasi ide dari aplikasi yang akan
dibangun, sehingga dapat memberikan gambaran dari aplikasi yang akan
dihasilkan. Storyboard dapat dikatakan juga visual script yang
akan dijadikan outline dari sebuah proyek, ditampilkan shot by shot yang
biasa disebut dengan istilah scene.
Salah satu keuntungan menggunakan Storyboard adalah
dapat membuat pengguna untuk mengalami perubahan dalam alur cerita untuk memicu
reaksi atau ketertarikan yang lebih dalam. Kilas balik, secara cepat menjadi
hasil dari pengaturan Storyboard secara kronologis untuk membangun rasa
penasaran dan ketertarikan.
Untuk proyek tertentu, pembuat Storyboard memerlukan
ketrampilan menggambar yang bagus dan kemampuan beradaptasi terhadap gaya yang
bermacam. Mereka harus mampu untuk mengikuti desain yang telah dikeluarkan dan
menghasilkan kerja konsisten, yang digambar pada model.
Artificial Intelligence pada Game
Bisakah mesin
berpikir? Jika bisa, bagaimana caranya? Dan jika tidak bisa, kenapa
tidak? Dan apa yang dikatakan sebagai pikiran (mind)? Dalam ilmu komputer kita
mengenal yang namanya Artificial Intelligence. Artificial Intelligence atau
kecerdasan buatan adalah sebuah cabang ilmu komputer yang berfokus pada
pengembangan komputer agar komputer memiliki kemampuan layaknya manusia. Game
AI adalah aplikasi untuk memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik
sebagai lawan, ataupun karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan
tetapi tidak ikut bermain (NPC = Non Playable Character). Peranan kecerdasan
buatan dalam hal interaksi pemain dengan permainan adalah pada penggunaan
interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia untuk
berinteraksi dengan sesama manusia. Contoh media interaksi ialah :
·
Penglihatan (vision)
·
Suara (voice), ucapan (speech)
·
Gerakan anggota badan ( gesture)
Dalam video
game, kecerdasan buatan digunakan untuk menghasilkan perilaku cerdas terutama
dalam karakter non-pemain (NPC), sering simulasi kecerdasan manusia-seperti.
Teknik yang digunakan biasanya memanfaatkan metode yang ada dari
bidang kecerdasan buatan (AI). Namun, permainan istilah AI sering
digunakan untuk merujuk kepada serangkaian luas algoritma yang juga mencakup
teknik dari teori kontrol, robotika, komputer grafis dan ilmu komputer pada
umumnya.
Arsitektur Game Engine
Game
engine adalah sebuah sistem perangkat lunak (software) yang dirancang
untuk pembuatan dan pengembangan video game. Game engine memberikan
kemudahan dalam menciptakan konsep sebuah game yang akan di buat. Mulai dari
sistem rendering, physics, arsitektur, suara, scripting, A.I, dan bahkan
sistem networking. Tujuan digunakannya game engine adalah
untuk mempermudah pembuatan bagian‐bagian tertentu dalam game,
membagi‐bagi pengembangan game menjadi modul‐modul tertentu,
dan memudahkan kolaborasi antar pihak.
A.)
Elemen-elemen pada Game Engine
Seperti halnya perangkat lunak lainnya, pada geme
engine juga terdapat beberapa elemen diantaranya :
·
Tools/Data
Dalam pengembangan game, dibutuhkan data yang tidak
semudah menuliskan text files. Dalam pengembangan game, paling tidak dibutuhkan
beberapa tools seperti 3d model editor, level editor dan graphics programs.
Bahkan jika diperlukan, seringkali kita mengembangkan game engine tersebut
dengan menambahkan beberapa code dan fitur yang diperlukan.
·
System
System adalah bagian dari game engine yang berfungsi
untuk melakukan komunikasi dengan hardware yang berada di dalam mesin. Jika
game engine sudah dibuat dengan baik maka system ini adalah satu‐satunya bagian
yang membutuhkan perubahan yang cukup banyak apabila dilakukan implementasi
pada platform yang berbeda. Di dalam system sendiri terdapat beberapa sub
system yaitu graphics, input, sound, timer, configuration. System sendiri
bertanggung jawab untuk melakukan inisialisasi, update dan mematikan sub system
yang terdapat di dalamnya.
·
Console
Dengan menambahkan console, kita dapat merubah setting
game dan setting game engine di dalam game tanpa perlu melakukan restart pada
game tersebut. Console sendiri lebih sering digunakan dalam proses debugging.
Apabila game engine tersebut mengalami error kita tinggal mengoutputkan error
message tersebut ke dalam console tanpa harus melakukan restart. Console
sendiri dapat dihidupkan dan dimatikan sesuai keinginan.
·
Support
Support adalah bagian yang paling sering digunakan
oleh sistem di dalam game engine. Support sendiri berisi rumus‐rumus matematika
yang biasa digunakan seperti: vector, matrix, memory manager, file loader
merupakan dasar dari game engine dan hampir digunakan semua projek game engine.
·
Renderer / Engine Core
Pada game engine, engine core / renderer terdiri dari
beberapa sub yaitu visibility, Collision Detection dan Response, Camera, Static
Geometry, Dynamic Geometry, Particle Systems, Billboarding, Meshes, Skybox,
Lighting, Fogging, Vertex Shading, dan Output.
·
Game Interface
Game interface sendiri merupakan layer diantara game
engine dan game itu sendiri. Berfungsi sebagai control yang bertujuan untuk
memberikan interface apabila di dalam game engine tersebut terdapat fungsi
fungsi yang bersifat dinamis sehingga memudahkan untuk mengembangkan game
tersebut.
·
The Game
Merupakan inti dari penggunaan game engine sendiri,
sehingga user dapat mengembangkan game tersebut sesuai dengan yang diinginkan.
B.)
Tipe‐tipe
Game Engine
Game memiliki berbagai macam jenis dan ditujukan untuk
berbagai kemampuan pemrograman. Berikut ini adalah beberapa tipe dari game
engine :
·
Roll Your‐Game Engine
Game engine tipe ini lebih disukai karena
selain gratis, game engine ini juga memperbolehkan para developer lebih
fleksibel dalam mengitegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk
sebagai game engine mereka sendiri. Namun kelemahan dari tipe
game engine ini banyak engine yang dibuat dengan cara semacam ini malah
menyerang balik developernya.
·
Mostly‐Ready‐Game Engine
Engine ini biasanya sudah menyediakan
semuanya begitu diberikan pada developer/programmer. Semuanya
termasuk conth GUI, phisycs, libraries models, texture dan
lain‐lain. Banyak dari mereka yang sudah benar‐benar matang, sehingga dapat
langsung digunakan untuk scripting sejak hari pertama. Game
engine semacam ini memiliki beberapa batasan, terutama jika dibandingkan
dengan game engine sebelumnya yang benar‐benar terbuka lebar.
Hal ini ditujukan agar tidak banyak terjadi error yang mungkin terjadi setelah
sebuah game yang menggunakan engine ini dirilis dan masih memungkinkan game
engine‐nya tersebut untuk mengoptimalkan kinerja game‐nya. Dengan hal ini dapat
menghemat waktu dan biaya dari para developer game.
·
Point‐and‐Click Engine
Engine ini merupakan engine yang sangat dibatasi, tetapi
dibuat dengan sangat user friendly. Anda bahkan bisa mulai membuat game sendiri
menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D. Dengan
sedikit memanfaatkan coding. Kekurangannya terletak pada terbatasnya jenis
interaksi yang bisa dilakukan dan biasanya hal ini mencakup semuanya, mulai
dari grafis hingga tata suara. Tapi bukan berarti game engine jenis ini tidak
berguna, bagi developer cerdas dan memiliki kreativitas tinggi, game engine
seperti ini bisa dirubah menjadi sebuah game menyenangkan, seperti Flow. Game
engine ini memang ditujukan bagi developer yang ingin menyingkat waktu
pemrogramman dan merilis game‐game mereka secepatnya.
Referensi
Mokodaser,
Wilsen Grivin. 2008. Game Engine.
raflyjuninton93. 2015. "Arsitektur Game Engine". https://raflyjuninton93.wordpress.com/2015/05/06
/arsitektur-game-engine/. 17 Maret 2017.
Makalah peluang bisnis "Game Online". Penulis : Roichan Ash-Shiddiqy
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Search
Popular Posts
-
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai konfigurasi proxy server di Ubuntu 12.04. Proxy server adalah sebuah komputer server ...
-
Assalamu'alaikum teman-teman semua.. Bagaimana kabar kalian semua? Semoga dalam keadaan sehat wal afiat yaa. Sudah lama saya tid...
-
Yuk.. Mengenal Keanekaragaman Budaya Indonesia Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia ...
-
World Wide Web (WWW) yang sering juga kita sebut dengan website, merupakan fasilitas di Internet yang paling banyak dipakai, hampir 80...
-
Kali ini saya akan mencoba membahas mengenai sistem konfigurasi home theater menurut para expert. Yang dimaksud di sini adalah cara ...
-
Game-game untuk Android saat ini bertebaran hingga sulit menghitung jumlahnya. Tidak hanya di Play Store, developer-developer Android b...
-
3D MAX A. Pengertian 3D Studio Max atau biasa dikenal dengan 3D Max adalah suatu software (perangkat lunak) untuk membuat ...
-
Sejak Unity 3D merilis versi 4.3, banyak sekali penambahan fitur pada rilisnya, salah satunya fitur 2D. Jika sebelumnya kebanyakan gam...
-
Pada kesempatan kali ini saya akan membuat tutorial mengenai web server local yang dapat terhubung ke jaringan Internet. Sebelum menuju k...
-
Review Game "SONIC GENERATIONS" Dari judulnya saja siapa yang tidak kenal dengan game ini. Sonic memang sudah menjadi game...
Recent Posts
Sample Text
Diberdayakan oleh Blogger.
0 komentar:
Posting Komentar