Rabu, 22 Maret 2017
On 06.54 by Unknown No comments
Pada
pembahasan tugas softskill kali ini, saya akan membahas tentang beberapa
penjelasan mengenai dunia game diantaranya interaksi fisik dalam teknologi
game, user interface pada game komputer, penampilan grafik scene game komputer
dan game berjaringan.
Interaksi
Fisik dalam Teknologi Game
Merupakan perangkat gerak yang
melibatkan aktivitas fisik sehingga permainan game didalamnya dapat sekaligus
melatih otot dan gerak selayaknya berolahraga. Game – game yang
melibatkan aktivitas fisik mengharuskan untuk menggerakkan tangan dan anggota
tubuh. Contohnya adalah seperti yang disediakan oleh game konsol Nintendo Wii,
PS3 Move, Xbox Kinect.
A.) Efek Fisik
dalam Game
Gaming
dapat melibatkan aktivitas fisik seperti game tinju, tennis, sepakbola yang
mengharuskan anda untuk menggerakkan tangan dan anggota tubuh anda sesuai tema
video game yang dimainkan. Untuk mendapatkan seperangkat konsol tersebut
tidaklah perlu mengeluarkan kocek yang dalam. Ketiganya memiliki harga yang
berlainan yang dapat disesuaikan dengan kocek anda.
Efek fisik
dalam game ada 2, yaitu positif dan negatif:
1. Efek
positif dalam game
ü Mendorong Pola Hidup Sehat
ü Meningkatkan
kemampuan mengetik
ü Meningkatkan
konsentrasi dan ketangkasan
ü Meningkatkan
koordinasi tangan dan mata
ü Membina
hubungan sosial dan interaksi
ü Meningkatkan
kemampuan berbahasa inggris
ü Mengajarkan
sportivitas dan kerjasama
ü Meningkatkan
pengetahuan tentang computer
ü Mengalihkan
rasa sakit fisik dan mental
2. Efek positif dalam game
ü Kecanduan
ü Membatasi
Hubungan Sosial
ü Mengganggu
Kesehatan
B.) Collision
Detection
Algoritma
untuk mendeteksi collision (tabrakan) sangat dibutuhkan untuk program game.
Flash mulai versi 5 ke atas menyediakan method yang bernama hitTest untuk
memeriksa apakah sebuah movie clip bertabrakan dengan movie yang lain. Sebelum
method hitTest ini tersedia, seorang programmer Flash harus mendeteksi secara
manual koordinat sebuah movie clip, apakah movie clip ini bertabrakan dengan
movie clip lain. Cara ini sangat merepotkan karena harus mempertimbangkan pula
ukuran movie clipnya.
User Interface pada Game Komputer
Antarmuka
(Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan
sistem. Antarmuka (Interface) dapat menerima informasi dari pengguna (user) dan
memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur
penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi. Antarmuka (Interface)
berfungsi untuk menginput pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem
pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian
sistem secara berurutan sehingga pengguna mengerti apa yang akan dilakukan
terhadap suatu sistem. User interface sangat berperan penting dalam dunia
komputer karena dengan adanya user interface maka kemudahan user dalam
mengoprasikan suatu perangkat komputer menjadi lebih mudah.
Dalam
desain antarmuka game terdapat beberapa elemen yang diantaranya adalah:
a. Diagetic
Elemen User Interface yang diegetic ada dalam dunia permainan
sehingga para pemain dapat saling berikteraksi dengan mereka melalui visual,
audible atau haptic. Elemen user interface diegetic yang dieksekusi dengan baik
dapat meningkatkan pengalaman narasi untuk pemain, memberika pengalaman lebih
mendalam dan terintegrasi. Salah satu game yang mengimplementasikan elemen
diegetic ini adalah game Assassin’s Creed. Game tersebut berhasil menggunakan
sistem virtual reality di masa depan. Jadi, cerita sebenarnya futuristik
darupada sejarah.
b. Non-Diegetic
Lalu ada elemen diegetic non-tradisional, elemen ini memiliki
kebebasan untuk menghapus dari fisksi permainan dan geometri. User interface
ini juga hanya terlihat dan terdengar ke pemain di dunia nyata karena desain
user interface ini juga menggunakan visual Heads-Up Display. Jika dilakukakn
dengan benar para gamers tentunya tidak akan tahu itu ada. Contoh game dengan
banyak elemen non-digetic adalah World of Warcraft dan Mass Effect 3 untuk
menginformasikan senjata pemain dipilih dan kekuasaan.
c. Meta
Tidak selalu divisualisasikan spasial untuk pemain merupakan
gambaran yang bisa muncul di dalam dunia game. Dalam dunia game juga sering
kali kita jumpai beberapa adegan dalam game tersebut yang harus mengeluarkan
percikan darah pada kamera untuk menunjukkan kerusakan parah pada karakter yang
dimainkan. Contoh dari elemen meta terdapat pada game Grand Theft Auto 4 ketika
terdapat adegan yang berinteraksi dengan telepon adalah salah satu contoh yang
menarik. Elemen user interface sebenarnya muncuk pada pesawat hub 2D, jadi itu
benar benar elemen Meta. Penggunaan icon pada game juga mempengaruhi kenyamanan
pemain dalam memilih perintah-perintah pada game. Desain icons dalam user
Interface dibedakan menjadi dua jenis yaitu picons dan micons.
d. Spatial
Elemen user interface spatial ini berdeda dengan diegetic
atau non-digetic karena disajikan dalam ruang permainan dengan atau tanpa suatu
entitas dari dunia permainan yang sebenarnya. Fable 3 adalah contoh di mana
unsur-unsur spatial yang digunakan untuk memberikan informasi lebih kepada
pemain dan mencegah mereka dari melompat ke layar peta. Jejak bersinar hampir
cocok dalam fiksi mengingat kualitas estetika ajaib itu tapi karakter tidak
dimaksudkan untuk menyadari hal itu. Ini memandu pemain ke tujuan berikutnya.
Penampilan Grafik Scene pada Game Komputer
A. Visibility
Visibility merupakan tampilan grafik scene game pada
komputer. Bagaimana sebuah game terlihat oleh user agar menarik dan berkualitas
sehingga user menikmati game tersebut. Biasanya pada video game terdapat
istilah scene 2.5D. Sebenarnya istilah tersebut tidak berbeda jauh dari
scene 2D (dua dimensi). Hanya saja 2.5D memiliki beberapa fitur tambahan berupa
efek cahaya, bayangan dan sebagainya yang dibuat agar seakan-akan menyerupai scene
3D.
Game bertipe ini menggunakan 2 macam tipe pemodelan:
1) 2 Dimensi Graphic
Gambar 2D juga berperan dalam membuat game ini yaitu sebagai texture untuk object, sebagai latar belakang seperti langit dan pemandangan, sebagai meteran untuk nyawa dan gambar untuk speedometer pada game racing.
2) 3 Dimensi object/model
Ini merupakan model/object 3D yang nantinya akan dijadikan sebagai karakter utama, bangunan, object-object seperti senjata, musuh, permukaan tanah, pohon, dan bukit. Object 3D seperti ini bisa dibuat dengan menggunakan program seperti 3DS Max, Maya, Hash, dan Blender.
B. Level of Detail
Dalam komputer grafis, akuntansi untuk tingkat detail melibatkan menurunkan kompleksitas representasi objek 3D seperti bergerak menjauh dari penampil atau sesuai metrik lainnya seperti objek penting, kecepatan sudut pandang-relatif atau posisi.
Tingkat teknik detil meningkatkan efisiensi render dengan mengurangi beban kerja pada tahap pipa grafis, transformasi biasanya simpul. Kualitas visual berkurang dari model sering diperhatikan karena efek kecil pada objek muncul ketika jauh atau bergerak cepat.
Game Berjaringan
Game
merupakan permainan yang menggunakan media elektronik, yang merupakan suatu
hiburan berbentuk multimedia yang dibuat semenarik mungkin untuk menyenangkan
hati pemainnya. Jaringan adalah kumpulan sistem yang terdiri dari beberapa
perangkat yang saling terhubung untuk mendapatkan hasil tujuan yang sama.
Dengan kata lain dapat dikatakan perangkat-perangkat ini dihubungkan agar dapat
terkoneksi satu sama lain.
Dari
pengertian diatas, dapat dikatakan bahwa game berjaringan (online games) adalah
suatu jenis game komputer yang dapat dimainkan oleh multi pemain melalui
internet. Biasanya disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan penyedia
jasa online dan dapat diakses langsung atau melalui sistem yang disediakan dari
perusahaan yang menyediakan permainan tersebut. Dalam game online terdapat dua
unsur utama, yaitu server dan client.
Server
melakukan administrasi permainan dan menghubungkan client. Sedangkan client
adalah pengguna permainan yang memakai kemampuan server. Game online juga dapat
dikatakan sebagai bagian dari aktivitas sosial, karena pemain dapat saling
berinteraksi secara virtual dan dapat menciptakan suatu komunitas dalam
permainan tersebut.
Perkembangan
game online sendiri tidak lepas juga dari perkembangan teknologi komputer dan
jaringan komputer itu sendiri. Pada saat muncul pertama kalinya tahun 1960, komputer hanya bisa dipakai untuk 2 orang saja untuk bermain game. Lalu
muncullah computer dengan kemampuan time-sharing sehingga pemain yang bisa
memainkan game tersebut bisa lebih banyak dan tidak harus berada di suatu
ruangan yang sama (Multiplayer Games). Meledaknya game online sendiri merupakan
cerminan dari pesatnya jaringan computer yang dahulunya berskala kecil (small
local network) sampai menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang.
Referensi:
Aji, Dimas Setya.
"Pengantar Teknologi
Game".http://www.kamu-info.web.id/2016/03/pengantar-teknologi-game.html.
22 Maret 2017
https://www.youtube.com/
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Search
Popular Posts
-
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai konfigurasi proxy server di Ubuntu 12.04. Proxy server adalah sebuah komputer server ...
-
Assalamu'alaikum teman-teman semua.. Bagaimana kabar kalian semua? Semoga dalam keadaan sehat wal afiat yaa. Sudah lama saya tid...
-
Yuk.. Mengenal Keanekaragaman Budaya Indonesia Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia ...
-
World Wide Web (WWW) yang sering juga kita sebut dengan website, merupakan fasilitas di Internet yang paling banyak dipakai, hampir 80...
-
Kali ini saya akan mencoba membahas mengenai sistem konfigurasi home theater menurut para expert. Yang dimaksud di sini adalah cara ...
-
Game-game untuk Android saat ini bertebaran hingga sulit menghitung jumlahnya. Tidak hanya di Play Store, developer-developer Android b...
-
3D MAX A. Pengertian 3D Studio Max atau biasa dikenal dengan 3D Max adalah suatu software (perangkat lunak) untuk membuat ...
-
Sejak Unity 3D merilis versi 4.3, banyak sekali penambahan fitur pada rilisnya, salah satunya fitur 2D. Jika sebelumnya kebanyakan gam...
-
Pada kesempatan kali ini saya akan membuat tutorial mengenai web server local yang dapat terhubung ke jaringan Internet. Sebelum menuju k...
-
Review Game "SONIC GENERATIONS" Dari judulnya saja siapa yang tidak kenal dengan game ini. Sonic memang sudah menjadi game...
Recent Posts
Sample Text
Diberdayakan oleh Blogger.
0 komentar:
Posting Komentar