Kamis, 24 Desember 2015
On 23.52 by Unknown No comments
Permainan Daring (Online Games) adalah
jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan
komputer (LAN atau internet), sebagai medianya. Biasanya game online
disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan penyedia jasa online, atau
dapat diakses langsung melalui sistem yang disediakan dari perusahaan yang
menyediakan permainan tersebut.
Menurut Andrew Rollings dan Ernest Adams, game online lebih
tepat disebut sebagai sebuah teknologi, dibandingkan sebagai sebuah genre
permainan; sebuah mekanisme untuk menghubungkan pemain bersama, dibandingkan
pola tertentu dalam sebuah permainan (Rolling & Adams, 2006: 770)
Game online terdiri dari banyak jenis, dari mulai permainan
sederhana berbasis teks hingga permainan yang menggunakan grafik kompleks dan
membentuk dunia virtual yang ditempati oleh banyak pemain sekaligus.
Dalam game online, ada dua unsur utama, yaitu server
dan client. Server melakukan administrasi
permainan dan menghubungkan client, sedangkan client adalah
pengguna permainan yang memakai kemampuan server. Game online bisa disebut sebagai bagian dari aktivitas
sosial karena pemain bisa saling berinteraksi secara virtual dan seringkali
menciptakan komunitas.
Sejarah Game Online
Game online dimulai sejak tahun 1969, ketika permainan
untuk dua orang dikembangkan dengan tujuan awal untuk pendidikan. Kemudian pada
awal tahun 1970, sebuah sistem dengan kemampuan time-sharing, yang
disebut Plato, diciptakan untuk memudahkan siswa belajar secara online,
di mana beberapa pengguna dapat mengakses komputer secara bersamaan menurut
waktu yang diperlukan. Dua tahun kemudian, muncul Plato IV dengan kemampuan grafik
baru, yang digunakan untuk menciptakan permainan untuk banyak pemain (multiplayer
games).
Game online benar-benar mengalami perkembangan setelah tahun
1995, pembatasan NSFNET (National Science Foundation Network) dihapuskan,
membuat akses ke domain lengkap dari internet. Kesuksesan moneter menghampiri
perusahaan-perusahaan yang meluncurkan permainan ini, sehingga persaingan mulai
tumbuh dan menjadikan game online semakin berkembang hingga hari ini.
Game Online di Indonesia
Game online mulai muncul di Indonesia pada tahun 2001,
dengan diluncurkannya Nexia Online, sebuah permainan RPG keluaran BolehGame
dengan grafik sederhana berbasis 2D. Nexia hanya membutuhkan spesifikasi
komputer yang cukup kecil, bahkan bisa dimainkan di Pentium 2 dengan minimal grafik
3D. Permainan keluaran Korea ini berhasil memperkenalkan bermain game dan chat pertama
di Indonesia. Sayangnya, permainan ini ditutup pada tahun 2004 karena lisensi
yang tidak diperpanjang. Semenjak itu, dunia game online di Indonesia semakin
berkembang dengan masuknya beberapa provider game baru, seperti
Redmoon (2002), Laghaim pada awal 2003, Ragnarok Online (RO) pada pertengahan
2003, dan Gunbound pada tahun 2004.
Ragnarok Online (RO) merupakan salah satu game online yang
menghebohkan di ranah dunia game online Indonesia. Permainan yang keluar pada
bulan Mei tahun 2003 ini, memang telah dinantikan kedatangannya dengan penuh
antusiasme dari banyak gamer, dan telah lebih dulu mem-booming di
ranah mancanegara. Permainan ini langsung diserbu oleh banyak orang dan
berhasil membuat game online mencapai titik puncak penggunaan hingga sempat
membuat koneksi internet Indonesia kacau karena bandwidth yang tersedia pada
saat itu belum memadai.
Sementara permainan GunBound merupakan game online
bergenre action pertama di Indonesia dan merupakan game online
pertama yang menganut sistem Item Mall, di mana pemain dapat
membeli item atau avatar untuk menghias karakter mereka dalam
permainan tersebut. Pembelian item melalui voucher yang
diterbitkan oleh BolehGame. Permainan ini juga merupakan game online yang
bersifat gratis pertama di Indonesia, di mana pemain tidak harus membayar atau
membeli voucher untuk memainkannya (kecuali untuk
membeli item tambahan).
Seiring dengan meningkatnya kuantitas pemain game online di Indonesia,
tidak mengherankan jika komunitas maya akibat game online pun cukup menjamur.
Biasanya komunitas ini terbentuk karena sering berinteraksi dalam sebuah
permainan, dan kemudian bermain bersama. Selain bertemu di ranah virtual, suatu
komunitas biasanya melakukan gathering atau pertemuan anggota
pada waktu-waktu tertentu.
Game Online Pada saat ini
Game Online pada saat ini mengalami kemajuan yang cukup
signifikan, mulai dari segi grafik, fitur-fitur yang ditawarkan, serta dari
segi gameplay. Developer-developer game online di seluruh dunia
sedang berlomba-lomba membuat game online yang memiliki banyak fitur dan grafik
yang mumpuni, agar gamers-gamers online dunia memainkan game mereka. Saat ini
genre game online yang paling di gemari adalah ActionMMORPG, yang
disebut-sebut sebagai next-gen online games, dengan gameplay Action dan
meninggalkan gameplay game online tradisional yaitu point & click.
Melihat industri game online yang berkembang dengan pesat dalam 10 tahun
terakhir, mungkin saja bahwa game online impian para gamers online di seluruh
dunia akan terwujud nantinya, ya, game impian itu adalah VRMMO
Games (Virtual Reality Massive Multiplayer Online Games), game online
dengan Virtual Reaility World dimana player memainkan game
dengan langsung masuk ke dalam sebuah dunia virtual.
Tipe/Genre Dari Game Online
Berdasarkan Jenis Permainan
- Massively
Multiplayer Online First-person shooter games (MMOFPS)
Permainan ini mengambil pandangan orang pertama sehingga
seolah-olah pemain berada dalam permainan tersebut dalam sudut
pandang tokoh karakter yang dimainkan, di mana setiap tokoh memiliki
kemampuan yang berbeda dalam tingkat akurasi, refleks, dan lainnya.
Permainan ini dapat melibatkan banyak orang dan biasanya permainan ini mengambil setting peperangan
dengan senjata-senjata militer. Contoh permainan jenis ini antara
lain Counter Strike, Call of Duty, Point Blank, Quake,
Blood, Unreal.
- Massively
Multiplayer Online Real-time strategy games (MMORTS)
Permainan jenis ini menekankan kepada kehebatan strategi
pemainnya. Permainan ini memiliki ciri khas di mana pemain harus mengelola
suatu dunia maya dan mengaturstrategi dalam waktu apapun. Dalam RTS, tema
permainan bisa berupa sejarah(misalnya seri Age of Empires), fantasi
(misalnya Warcraft), dan fiksi ilmiah (misalnya Star Wars).
- Massively
Multiplayer Online Role-playing games(MMORPG)
Sebuah permainan di mana pemainnya memainkan peran
tokoh-tokoh khayalan dan berkolaborasi untuk merajut sebuah cerita bersama. RPG
biasanya lebih mengarah ke kolaborasi sosial daripada kompetisi. Pada
umumnya dalam RPG, para pemain tergabung dalam satu kelompok. Contoh dari genre
permainan ini Ragnarok Online, The Lord of the Rings Online: Shadows of
Angmar, Final Fantasy, Dota.
- Cross-platform
online play
Jenis permainan yang dapat dimainkan secara online dengan
perangkat yang berbeda. Saat ini mesin permainan konsol (console
games) mulai berkembang menjadi seperti komputer yang dilengkapi dengan
jaringan sumber terbuka (open source networks),
seperti Dreamcast, PlayStation 2, dan Xbox yang memiliki
fungsi online. misalnya Need for Speed Underground, yang dapat dimainkan
secara online dari PC maupun Xbox 360.
- Massively
Multiplayer Online Browser Game
Permainan yang dimainkan pada peramban seperti Mozilla
Firefox, Opera, atau Internet Explorer. Sebuah game online sederhanadengan
pemain tunggal dapat dimainkan dengan peramban melalui HTML dan teknologi
scripting HTML (JavaScript, ASP, PHP, MySQL). Perkembangan teknologi grafik
berbasis web sepertiFlash dan Java menghasilkan permainan yang dikenal dengan
"Flashgames" atau "Java games" yang menjadi sangat
populer. Permainan sederhana seperti Pac-Man bahkan dibuat ulang menggunakan
pengaya (plugin) pada sebuah halaman web. Browsergames yang baru menggunakan teknologi
webseperti Ajax yang memungkinkan adanya interaksi multiplayer.
- Simulation
games
Permainan jenis ini bertujuan untuk memberi pengalaman
melalui simulasi. Ada beberapa jenis permainan simulasi, di
antaranya life-simulation games, construction and
management simulation games, dan vehicle simulation. Pada life-simulation
games, pemain bertanggung jawab atas sebuah tokoh atau karakter dan
memenuhi kebutuhan tokoh selayaknya kehidupan nyata, namun dalam ranah virtual.
Karakter memiliki kebutuhan dan kehidupan layaknya manusia, seperti kegiatan
bekerja, bersosialisasi, makan, belanja, dan sebagainya. Biasanya, karakter ini
hidup dalam sebuah dunia virtual yang dipenuhi oleh karakter-karakter yang
dimainkan pemain lainnya. Contoh permainannya adalah Second Life.
- Massively
multiplayer online games (MMOG)
Pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100
pemain), di mana setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia
nyata. MMOG muncul seiring dengan perkembangan akses internet broadband di
negara maju, sehingga memungkinkan ratusan, bahkan ribuan pemain untuk bermain
bersama-sama. MMOG sendiri memiliki banyak jenis seperti:
· MMORPG (Massively
Multiplayer Online Role-Playing Game)
· MMORTS
(Massively Multiplayer Online Real-Time Strategy)
· MMOFPS
(Massively Multiplayer Online First-Person Shooter)
· MMOSG
(Massively Multiplayer Online Social Game)
Berdasarkan Grafis
- 2
Dimensi (2D)
Permainan yang mengadopsi teknologi ini biasanya termasuk
permainan yang ringan dan tidak membebani sistem. Kelemahan permainan ini
adalah kualitas gambar yang kurang enak dilihat jika dibandingkan dengan
permainan 3D. game online pada umumnya sekarang mengadopsi teknologi 2,5D di
mana karakter yang dimainkan berbentuk 2D, namun dengan lingkungan yang
sudah mengadopsi 3D.
- 3
Dimensi (3D)
Permainan bertipe 3D memiliki grafik yang lebih baik dalam
penggambaran sehingga mirip dengan realita. Biasanya dalam permainan dengan
grafik 3D memiliki sudut pandang hingga 360 derajat sehingga kita bisa melihat
secara keseluruhan dunia dalam permainan tersebut. Akan tetapi, spesifikasi
komputeryang dibutuhkan dalam permainan 3D cukup tinggi.
Berdasarkan Cara Pembayaran
- Pay
to Play
Jenis permainan di mana pemain harus membayar sejumlah uang
untuk bermain. Beberapa permainan dapat di-install atau dimainkan secara gratis,
namun jika pemain ingin menaikkan level dengan cepat atau membeli barang (item)
langka pada permainan, maka pemain harus membayar sejumlah uang, misalnya
Gunbound, Ragnarok Online, dan Ghost Online. Beberapa permainan lainnya
membebankan pemain dengan biaya langganan untuk mendapatkan layanan mereka,
seperti pada permainan Lineage II dan Final Fantasy XI.
- Free
to Play
Jenis permainan ini tidak membebankan pemain dengan biaya
apapun, sehingga dapat dimainkan langsung secara cuma-cuma. Permainan free to
play misalnya Subspace,Travian, Terra,dan Crossfire. Ada pula permainan free to
play yang diselingi oleh iklan,baik di dalam permainan atau pop-up, seperti
permainan Anarchy Online.
Aturan dalam bermain Game Online
Permainan daring biasanya diikat dengan semacam peraturan
yang disebut End User License Agreement (EULA). Konsekuensi yang didapat apabila
melanggar perjanjian tersebut bervariasi sesuai dengan kontrak, mulaidari
peringatan hingga penghentian. Misalnya, pada permainan Second Life, di mana
pemain akan diberi peringatan, suspensi, bahkan pemutusan keanggotaan, apabila
pemain melangga rperjanjian. Penegakan EULA sedikit sulit, karena tingginya
biaya yangdibutuhkan untuk melakukan intervensi manusia serta hasil yang kecil
terhadap perusahaan, sehingga EULA hanya menguntungkan bagi permainan-permainan
berskala besar.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Search
Popular Posts
-
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai konfigurasi proxy server di Ubuntu 12.04. Proxy server adalah sebuah komputer server ...
-
Assalamu'alaikum teman-teman semua.. Bagaimana kabar kalian semua? Semoga dalam keadaan sehat wal afiat yaa. Sudah lama saya tid...
-
Yuk.. Mengenal Keanekaragaman Budaya Indonesia Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia ...
-
World Wide Web (WWW) yang sering juga kita sebut dengan website, merupakan fasilitas di Internet yang paling banyak dipakai, hampir 80...
-
Kali ini saya akan mencoba membahas mengenai sistem konfigurasi home theater menurut para expert. Yang dimaksud di sini adalah cara ...
-
Game-game untuk Android saat ini bertebaran hingga sulit menghitung jumlahnya. Tidak hanya di Play Store, developer-developer Android b...
-
3D MAX A. Pengertian 3D Studio Max atau biasa dikenal dengan 3D Max adalah suatu software (perangkat lunak) untuk membuat ...
-
Sejak Unity 3D merilis versi 4.3, banyak sekali penambahan fitur pada rilisnya, salah satunya fitur 2D. Jika sebelumnya kebanyakan gam...
-
Pada kesempatan kali ini saya akan membuat tutorial mengenai web server local yang dapat terhubung ke jaringan Internet. Sebelum menuju k...
-
Review Game "SONIC GENERATIONS" Dari judulnya saja siapa yang tidak kenal dengan game ini. Sonic memang sudah menjadi game...
Recent Posts
Sample Text
Diberdayakan oleh Blogger.
0 komentar:
Posting Komentar