Jumat, 01 Januari 2016
On 06.46 by Unknown No comments
Nah, di posting kali ini saya ingin berbagi tentang langkah awal saya dulu ketika memulai perjalanan membuat game. Semoga posting ini bisa bermanfaat bagi kamu yang memiliki latar belakang sebagai programmer.
Bikin game bukan cuma ngoding
Ya, proses bikin game itu bukan cuma sekedar melibatkan
ngoding saja. Pembuatan game itu melibatkan banyak aspek, mulai dari
programming, desain art, bikin cerita, sampai ke proses testing. Nah, karena
multi-disiplin itulah, maka obrolan kali ini saya batasi tentang langkah awal
bagi para programmer saja. Untuk yang aspek lain seperti art, atau bikin
cerita, atau testing saya bahas di posting yang lain ya.
Proses bikin game biasanya diawali dengan kegiatan pengumpulan/perumusan
ide (istilah kerennya: brainstorming). Rumusan ide ini kemudian dituangkan ke
dalam bentuk konsep. Konsep game inilah yang nanti dijadikan acuan untuk proses
bikin game. Mulai dari acuan untuk pembuatan aset art sampai dengan aspek
programmingnya. Dalam dunia game development, konsep game ini biasa disebut
dengan istilah game design.
Oiya.. Game design ini beda dengan bikin gambar untuk game
ya. Kalau belum ada bayangan tentang apa sih game design itu, kamu bisa mampir
ke posting
saya ini yang membahas tentang aspek game design dalam game.
Setelah merumuskan game design tadi, proses bikin game
selanjutnya biasanya dibagi menjadi dua bagian besar yaitu:
- Pembuatan
aset art (visual/grafis dan sound) yang ditangani oleh para game artist.
- Proses
programming untuk mengimplementasikan konsep game yang sudah dibuat.
Proses inilah yang ditangani oleh game programmer.
Jadi langkah pertamanya mesti bikin konsep dulu?
Well.. Gak selalu harus begitu sih.
Bingung ya? (^^,)
Begini, untuk bikin game memang biasanya diawali dari
pembuatan konsep/game design. Tapi untuk belajar game programming, kamu bisa
mulai dari mempelajari kode pemrograman dari game yang sudah ada sebelumnya.
Misalnya, kamu bisa mempelajari kode pemrograman dari game Pong.
Eh.. Kuno banget ya..? (^^,)
Pong adalah game yang sering dijadikan contoh bagi para game
programmer pemula yang ingin belajar tentang game programming. Walaupun kuno,
tapi dari Pong kamu bisa belajar tentang dasar-dasar game programming seperti:
- Struktur kode yang biasa dipakai dalam game. Coba perhatikan potongan kode berikut,
- Kode untuk menampilkan gambar ke layar.
- Kode untuk menggerakkan objek game berdasarkan input pemain. Ada dua aspek programming yang bisa kamu pelajari disini:
·
Menggerakkan objek game dalam layar.
·
Mendeteksi input dari pemain kemudian
mengimplementasikannya ke objek game di layar.
·
Kode untuk deteksi benturan (collision
detection) antara objek-objek di dalam game.
·
Dan masih banyak lagi yang bisa kamu gali
sendiri ketika ngulik Pong. (^^,)
Saya sendiri pun dulu mulai belajar game programming dari
ngulik Pong. Pengalaman ngulik itu saya share di posting Pong Android dan Pong BlackBerry .
Oiya, kamu juga bisa memilih game selain Pong lho. Tapi
saran saya, mulailah belajar dari game yang terbilang sederhana seperti Pong,
Hangman, Breakout atau Tetris.
Langsung terjun ngoding game? Harus paham C/C++ dulu kah?
Kalau memang sudah pernah punya pengalaman ngoding
sebelumnya, kamu bisa saja mulai terjun membuat game dengan menggunakan bahasa
pemrograman yang sudah kamu kuasai. Misalnya kamu sudah pernah membuat website atau
web-application? Kamu bisa bikin game pakai HTML+CSS+Javascript.
Atau kamu pernah bikin mobile application pakai Java/J2ME atau pakai Objective
C? Kamu bisa bikin game pakai bahasa pemrograman tadi. Gak harus pakai C/C++ kok. Lagipula di era sekarang game sudah bisa dinikmati di
bebagai platform mulai dari PC, konsol, web, sampai dengan mobile (smartphone
dan tablet). Jadi walaupun belum punya pengalaman programming C/C++, kamu tetap
bisa mulai membuat game sesuai dengan latar belakang programming yang kamu
kuasai.
Perlukah pakai game engine?
Sudah pernah dengar istilah game engine? Definisi game
engine menurut wikipedia adalah software yang didesain untuk pembuatan video
game. Untuk penjelasan lebih lengkapnya bisa kamu baca di sini.
Menurut saya pribadi, lebih baik kalau kamu mulai belajar
dasar-dasar game programming tanpa menggunakan game engine. Walaupun dengan
memakai game engine mungkin kamu bisa (relatif) lebih cepat membuat game, tapi
kamu tidak bisa mempelajari hal-hal mendasar dari game programming. Karena
hal-hal mendasar tadi sudah ditangani oleh game engine.
Namun itu tergantung dari pilihan kamu, kalau memang ingin
membuat game dengan menggunakan game engine ada beberapa opsi yang bisa kamu
coba seperti:
- Unity3D. Ini
merupakan salah satu game engine populer yang banyak digunakan. Untuk
membuat gamenya kamu bisa menggunakan C# atau UnityScript.
- Cocos2D-iPhone. Kalau ingin membuat game untuk
platform iOS, Cocos2D adalah salah satu pilihan yang paling populer. Untuk
membuat gamenya menggunakan bahasa pemrograman Objective-C atau Swift.
Baru-baru ini saya posting tentang tutorial Cocos2D-iPhone, kamu bisa cek
di sini.
- Cocos2D-x.
Varian dari keluarga Cocos2D ini ditujukan untuk membuat game
multi-platform (iOS, Android, Windows8). Untuk membuat gamenya kamu bisa
menggunakan C++ atau Javascript.
- Starling Framework. Ini adalah game engine
untuk membuat game di plaftorm Flash. Untuk membuat gamenya menggunakan
Actionscript 3.
Selain contoh diatas tadi, masih banyak game engine lain
yang bisa kamu coba.
Coffee break dulu..
Waah.. Panjang juga obrolan saya ya. Kita rehat dulu sambil menganalisa obrolan yang barusan.
Waah.. Panjang juga obrolan saya ya. Kita rehat dulu sambil menganalisa obrolan yang barusan.
Jadi bagi kamu yang sudah punya pengalaman programming, ada
beberapa opsi langkah awal yang bisa kamu ambil untuk mulai bikin game,
- Kamu
bisa mulai membuat konsep game lalu dilanjutkan dengan belajar dasar-dasar
programming game memakai bahasa pemrograman yang sudah kamu kuasai.
- Atau
mulai membuat konsep game lalu kamu lanjutkan pembuatannya dengan
menggunakan game engine.
- Bisa
juga kamu langsung mulai belajar dasar-dasar game programmingnya dari game
yang sudah ada tanpa harus membuat konsep game kamu sendiri dulu.
Well.. Semoga obrolan saya tadi bisa membantu kamu yang
punya pengalaman ngoding dan berniat untuk bikin game kamu sendiri. Kalau masih
agak bingung untuk memilih opsi-opsi tadi, kamu bisa share pertanyaan kamu di
kolom komentar atau kamu juga bisa gabung ke komunitas developer game untuk
saling berbagi dengan para programmer game lain.
So.. Mari kita belajar, bereksperimen dan bersenang-senang
membuat game.. Cheers!
Sumber : https://imild.wordpress.com/2013/03/28/langkah-pertama-bikin-game-catatan-untuk-programmer/
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Search
Popular Posts
-
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai konfigurasi proxy server di Ubuntu 12.04. Proxy server adalah sebuah komputer server ...
-
Assalamu'alaikum teman-teman semua.. Bagaimana kabar kalian semua? Semoga dalam keadaan sehat wal afiat yaa. Sudah lama saya tid...
-
Yuk.. Mengenal Keanekaragaman Budaya Indonesia Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia ...
-
World Wide Web (WWW) yang sering juga kita sebut dengan website, merupakan fasilitas di Internet yang paling banyak dipakai, hampir 80...
-
Kali ini saya akan mencoba membahas mengenai sistem konfigurasi home theater menurut para expert. Yang dimaksud di sini adalah cara ...
-
Game-game untuk Android saat ini bertebaran hingga sulit menghitung jumlahnya. Tidak hanya di Play Store, developer-developer Android b...
-
3D MAX A. Pengertian 3D Studio Max atau biasa dikenal dengan 3D Max adalah suatu software (perangkat lunak) untuk membuat ...
-
Sejak Unity 3D merilis versi 4.3, banyak sekali penambahan fitur pada rilisnya, salah satunya fitur 2D. Jika sebelumnya kebanyakan gam...
-
Pada kesempatan kali ini saya akan membuat tutorial mengenai web server local yang dapat terhubung ke jaringan Internet. Sebelum menuju k...
-
Review Game "SONIC GENERATIONS" Dari judulnya saja siapa yang tidak kenal dengan game ini. Sonic memang sudah menjadi game...
Recent Posts
Sample Text
Diberdayakan oleh Blogger.
0 komentar:
Posting Komentar